templates grátis

Kontak Jodoh

Tips meningkatkan pengunjung blog

Selasa, 15 Maret 2011


Meningkatkan pengunjung blog merupakan impian bagi semua blogger, dengan pengunjung yang banyak, ini menunjukkan bahwa blog kita diminiati banyak pengunjung.
Ada berbagai alasan kenapa orang membuat blog, ada yang ingin berbagi informasi dan ada juga membuat blog untuk mendulang uang. Nah alasan kedua ini yang menjadi alasan mengapa seseorang mengininkan blognya dikunjungi banyak orang.
Disini saya akan berbagi informasi bagaimana cara meningkat jumlah pengunjung blog kita. Mungkin masih banyak lagi cara menaikkan traffic blog/web kita, selain yang saya ungkap disini.
Nah langsung aja ya

1. Pilih topik yang diminati banyak orang

Ibaratnya kita menjual barang, orang pasti akan membeli barang yang diminati, demikian juga tulisan blog. Ketika diminati banyak orang, blog kita pun akan ramai pengunjung.
Berikut beberapa topik yang sangat ‘disenangi’ masyarakat Indonesia:
1- berhubungan seks / pornografi (terutama artis)
2- topik terhangat saat ini (mis: isu BBM, UU, perang, politik dsb)
3- topik kontroversial (terutama: agama/kepercayaan)
4- lowongan pekerjaan, soal-soal tes CPNS, UN, SPMB
5- Topik khusus (hobi,marketing,tip/triks)
Meskipun topik 1 merupakan topik yang memiliki traffic paling tinggi, saya anjurkan Anda tidak menggunakan cara dan kesempatan itu.
Untuk blogger pemula, sebaiknya Anda berkecimpung pada topik ke-5 dan topik ke-2. Silahkan Anda menganalisa topik terhangat dari persfektif Anda dan minta orang mengomentari pendapat Anda.

2. Konten yang Berkualitas

Khusus topik 2,3,dan 5, sebaiknya Anda menulis dengan mekanisme dengan cara mengutip pendapat minimal dari 2 orang [opini berbeda] mengenai hal tersebut, lalu Anda bandingkan, terus Anda dukung salah satunya serta berikan opini/solusi tambahan dari Anda sendiri.
Jika isi blog Anda tidak bagus untuk selang waktu lama, bisa dipastikan orang [customer] akan enggan mengunjugi blog Anda (karena tidak puas).
3. Update dan tambah terus Informasi
Jika Anda pemula, luangkan waktu 1 minggu 1-3 kali mengupdate tulisan baru. Dengan bertambahnya tulisan baru, statistik blog Anda akan cenderung mengalami peningkatan eksponensial

4. Sering Terlupakan ‘Tag”

Saya pernah melihat banyak blog yang isinya bagus, tapi sayangnya, isi tulisan tersebut tidak disertai keyword/kata kunci atau ‘Tag”.
Pastikan setelah Anda menulis artikel, cantumkan 3-10 Tag yang berhubungan topik Anda.
Misalnya judulnya : Membongkar Tokoh Dibalik Pembunuhan Munir
Maka isilah Tag : kematian munir, pembunuhan munir, hukum, ham, kasus munir, aktivis

5. Link-kan situs Anda ke teman/kenalan/situs lain

Semakin banyak situs anda terhubung [link] dengan situs lain, maka blog Anda akan ‘tersebar’ dimana-mana.
Ada beberapa cara untuk menghubung [link] situs Anda seperti:
- memasukkan komentar Anda pada blog orang lain (yang menampilkan komentar orang lain)
- daftarkan blog Anda pada beberapa situs referensi (social bookmarking) sepertiblogtopsite.com, lintasberita.com, infogue.com dan kirimkan berita Anda [langkah awal]

6. Design dan Layout yang baik

Jika desain dan layout blog/web Anda berantakan/narsis atau sulit dibaca, bisa dipastikan Anda akan kehilangan pengunjung. Carilah theme yang menarik, sesuai dengan karateristik blog, dan nyaman untuk dibaca [jangan menyilaukan mata].
Masukkanlah aksesoris [gambar, media] yang secukupnya. Jika terlalu banyak media/gambar, maka orang akan kesulitan untuk membuka, sehingga orang bisa langsung meng’close’ dan pindah ke website/blog lain.

7. Tulisan Unik dan Orisinil

Buatlah blog anda seunik mungkin, semakin blog kita unik dan menarik, akan membuat pengunjung akan betah berlama-lama di halalam blog kita dan akan semakin penasaran dengan blog kita, baik isinya maupun tampilannya. Atau anda bisa menulis sesuatu yang belum pernah dibahasa situs manapun

8. Pelajari statistik blog Anda

Pelajari statistic dan keyword di google search blog Anda. Keyword, link, topik apa saja menarik pengunjung untuk mampir dan berkunjung ke blog kita. Kita juga akan tahu artikel mana saja yang tidak disukai oleh pengunjung. Alhasil kita bisa menulis yang lebih baik dikemudian hari

9. Mintalah Komentar Pengunjung

Sebisa mungkin, setiap artikel anda akhiri dengan suatu statement ataupun pertanyaan yang mengundang pengunjung untuk bertukar pendapat dan memberikan feedback terhadap tulisan Anda. Selain itu, para pembaca akan merasa senang karena [secara tidak langsung] dianggap orang penting. Dari komentar yang masuk, sebaiknya Anda dapat merespons setiap sebagai sebagai mediator [jangan terlalu memihak pendapat Anda sendiri atau orang tertentu, berusaha berlaku Adil]. Jika pengunjung sedikit, Anda dapat merespons semua komentar yang masuk. Kalau banyak…yah selektif saja.

10. Orisinalitas dan Membangun

Dari ke-9 tip/cara di atas, yang tidak kalah pentingnya adalah Orisinalitas.
Pastikan artikel Anda adalah murni tulisan Anda. Jika anda mengutip tulisan orang lain, Anda ‘harus’ mencantumkan sumbernya [referensi situs, nama situs, tanggal situs]. Dan tunjukkan bahwa Anda mengambil tulisan tersebut dari pihak/situs orang tersebut dan menyampaikan apresiasi terhadap situs tersebut

0 komentar:

Posting Komentar